Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sistem Satuan Relativitas (SR)

Artikel ini bertujuan untuk memberikan sudut pandang baru dalam menggunakan satuan untuk sistem relativitas. Apakah hal ini penting? Tentu tidak karena ini hanya sebagai sebuah bentuk penyederhanaan. Dalam artikel ini, saya mengenalkan sebuah sistem yang disebut sebagai Systeme Relativistique (SR) di mana jarak diukur dalam second (lebih tepatnya light-second) daripada dinyatakan dalam meter. Dalam bahasa Indonesia ini dapat diartikan sebagai detik cahaya. 


Dalam satuan SI, konversi satuan sering dilakukan dari satu jenis satuan ke satuan lainnya. Sebagai contoh 1 mil = 1.609 km. Dengan mudah kita dapat menuliskan ini ke dalam sebuah rasio terhadap 1. Jadi 1 = 1 mil/1.609 km atau 1 = 1.609 km/ 1mil. Dalam konversi satuan tentu kita biasa mengalikan dengan nilai 1 karena tidak mengubah kuantitas besaran. Dengan sistem konversi ini, kita bisa memperluas untuk mengubah konversi sistem SI ke sistem SR. Dalam sistem SR, dasar definisinya di ambil dari nilai laju cahaya (c) yang bernilai 300.000.000 m/s. Dari nilai ini terdapat hubungan bahwa 300.000.000 m setara dengan 1 detik, atau dengan menggunakan konversi satuan konvensional kita dapat menuliskannya 1 = 300.000.00 meter / 1 detik atau 1 = 1 detik / 300.000. 000 meter. Sebagai contoh, penggunaan satuan SR ini dapat kita terapkan pada sebuah jarak sebesar 30 km. Dengan mudah konversi 30 km dapat diubah ke dalam detik cahaya sebagai berikut. 30 km = 30 km.1.1 = 30 km (1000 m/1 km). (1 detik/300.000.000 m) = 100 mikro detik. Apa yang dapat kita maknai dari perhitungan ini? 30 km setara dengan jarak di mana cahaya merambat dalam waktu 100 persejuta detik.


Konsekuensi ke satuan lain 

Kalau satuan jarak dinyatakan dalam detik, bagaimana konsekuensinya terhadap satuan lain dalam sistem SR. Misal kita ambil satuan kecepatan. Dalam satuan SI kita mengenal kecepatan dinyatakan dalam m/s, lalu bagaimana dalam satuan SR? bayangkan ada sebuah objek yang bergerak 0.5 detik cahaya dalam 1 detik. Dalam sistem SR, kecepatan objek menjadi 0.5 detik / 1 detik = 0.5 (tidak bersatuan). Dengan demikian, dalam sistem SR objek atau partikel yang bergerak dengan laju 0.5 akan setara dengan setengah laju cahaya. Sekarang mari kita lihat konsekuensi dengan satuan lainnya, seperti energi. Dalam satuan SI, energi mempunyai satuan Joule atau kg meter kuadrat / detik kuadrat. Jika kita konversi ke satuan SR, satuan energi akan sama dengan kg (detik kuadrat/ detik kuadrat) = kg. Lalu pertanyaan berikutnya adalah bagaimana satuan dari momentum ketika dikonversi ke sistem SR? Selamat mencoba menemukan satuan besaran lain dalam sistem SR.

Posting Komentar untuk "Mengenal Sistem Satuan Relativitas (SR)"